ANBK TAHUN 2021

Assalamu'alaikum Sahabat spenduran. Semoga kita tetap sehat dan semangat.!!
Pada tanggal 06-07 Oktober 2021 telah  dilaksanakan kegiatan ANBK oleh selurus siswa SMPN 2 Mangaran kelas VIII. ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. ANBK adalah pengganti UNBK dan tidak menjadi syrat kelulusan peserta didik. Oleh sebab itu siswa yang melaksanakan adalah kelas VIII untuk jenjang SMP.

Adapun kegiatan ANBK terdiri dari:
1. Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) Literasi-Numerasi: dilaksanakan oleh murid peserta ANBK
2. Survei Karakter: dilaksanakan oleh murid peserta ANBK
3. Survei Lingkungan Belajar: dilaksanakan oleh murid peserta ANBK, guru, dan kepala sekolah

Dilaksanakannya ANBK adalah sebagai penilaian terhadap mutu sekolah yang memiliki berbagai tujuan kegiatan, di antaranya:
- Memantau perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu
- Memantau kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu)
- Memantau pengembangan kompetensi dan karakter murid
- Memberi gambaran tentang karakteristik sebuah satuan pendidikan yang efektif.

Semoga ANBK yang telah dilaksanakan sesuai dengan harapan Pemerintah yaitu dapat memberikan gambaran tentang pendidikan di Indonesian saat ini. Amin

Wassalamu'alaikum wr.wb